Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Kartu Prakerja: Panduan Mendaftar dan Syarat Pendaftaran Terbaru

Program Kartu Prakerja merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja masyarakat dan membantu mereka dalam mencari peluang kerja yang lebih baik. Program ini memberikan pelatihan dan dukungan finansial kepada peserta yang memenuhi syarat tertentu. Berikut adalah panduan untuk mendaftar program Kartu Prakerja dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku.

Program Kartu Prakerja: Panduan Mendaftar dan Syarat Pendaftaran Terbaru
Contoh Kartu Prakerja



1. Memenuhi Syarat Usia dan Pendidikan

Untuk bisa mendaftar program Kartu Prakerja, calon peserta harus menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia antara 18 hingga 64 tahun. Selain itu, peserta juga tidak sedang menempuh pendidikan formal, sehingga program ini lebih difokuskan untuk mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

2. Kondisi Pekerjaan yang Memenuhi Syarat

Program Kartu Prakerja ditujukan untuk beberapa kelompok pekerja yang membutuhkan bantuan. Mereka yang dapat mendaftar antara lain adalah:

a. Pekerja/Buruh yang Terkena PHK:

Jika Anda telah kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK), program ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan peluang kerja baru.

b. Pekerja/Buruh yang Membutuhkan Peningkatan Kompetensi Kerja:

Jika Anda adalah pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja, seperti mereka yang dirumahkan atau pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil, Anda dapat mengajukan permohonan.

3. Membukan Bukan Bagian Dari Pejabat Negara atau Anggota Organisasi Terkait

Agar dapat mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, Anda tidak boleh menjadi pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparat sipil negara, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa, perangkat desa, serta direktur/komisaris/dewan pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

4. Batasan Maksimal Jumlah Penerima Kartu Prakerja dalam Satu Keluarga

Satu Kartu Prakerja diberikan kepada satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK). Maksimal, dua NIK dalam satu KK dapat menjadi penerima Kartu Prakerja.


Langkah-langkah untuk Mendaftar Program Kartu Prakerja:

1. Akses Situs Resmi Kartu Prakerja

Buka situs resmi Kartu Prakerja melalui tautan yang disediakan oleh pemerintah atau dapat diakses melalui www.prakerja.go.id.

2. Daftar atau Masuk ke Akun

Jika Anda belum memiliki akun, pilih opsi "Daftar" dan lengkapi formulir pendaftaran dengan data diri yang valid. Jika sudah memiliki akun, langsung masuk menggunakan akun yang sudah terdaftar

3. Verifikasi Identitas

Lakukan verifikasi identitas dengan mengunggah foto KTP atau kartu identitas resmi lainnya sesuai petunjuk yang diberikan. Pastikan data yang diunggah sesuai dengan informasi yang tertera pada KTP Anda.

4. Mengisi Data dan Menyusun Rencana Pengembangan

Isilah data dan pertanyaan yang diminta pada formulir pendaftaran. Anda juga akan diminta untuk menyusun rencana pengembangan, yaitu memilih jenis pelatihan yang diminati dan mengunggah berkas pendukung jika diperlukan.

5. Proses Seleksi dan Pemberitahuan

Setelah mengajukan permohonan, Anda akan melalui proses seleksi yang dilakukan oleh tim Kartu Prakerja. Jika Anda lolos seleksi, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau SMS yang berisi informasi lebih lanjut tentang pelatihan yang akan diikuti.

6. Mengikuti Pelatihan

Setelah diterima, Anda dapat memilih pelatihan yang telah ditentukan oleh tim Kartu Prakerja. Ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan kerja Anda.

7. Mendapatkan Bantuan Keuangan

Sebagai peserta Kartu Prakerja, Anda akan mendapatkan bantuan keuangan yang dapat digunakan untuk biaya pelatihan, insentif harian, dan insentif survei. Pastikan Anda mematuhi ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk mendapatkan bantuan keuangan ini.

Itulah panduan singkat tentang cara mendaftar program Kartu Prakerja. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kompetensi kerja dan mendapatkan peluang kerja yang lebih baik. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan jangan ragu untuk mengikuti pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.


Manfaat Memiliki Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pesertanya. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari memiliki Kartu Prakerja:

1. Peningkatan Kompetensi Kerja

   Salah satu manfaat utama dari Kartu Prakerja adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk meningkatkan kompetensi kerja mereka. Program ini menyediakan berbagai jenis pelatihan dan kursus yang dapat membantu peserta mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang tertentu. Dengan meningkatkan kompetensi kerja, peserta memiliki peluang yang lebih baik untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan atau memajukan karir mereka.

2. Akses ke Pelatihan Gratis

   Peserta Kartu Prakerja mendapatkan akses ke pelatihan yang disediakan secara gratis. Pelatihan ini mencakup berbagai topik seperti keterampilan teknis, kewirausahaan, manajemen, keuangan, dan masih banyak lagi. Dengan adanya akses gratis ini, peserta dapat memanfaatkannya untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

3. Bantuan Keuangan

   Selain pelatihan gratis, peserta Kartu Prakerja juga berhak mendapatkan bantuan keuangan. Bantuan ini dapat digunakan untuk biaya pelatihan, insentif harian selama mengikuti pelatihan, serta insentif survei. Bantuan keuangan ini membantu mengurangi beban finansial peserta dan memastikan bahwa mereka dapat fokus pada proses belajar dan pengembangan diri.

4. Dukungan Karir dan Peluang Kerja

   Program Kartu Prakerja juga memberikan dukungan karir kepada peserta. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebagai bukti kompetensi yang dimiliki. Selain itu, program ini juga memberikan akses ke platform pencarian kerja dan informasi tentang peluang kerja yang relevan. Hal ini membantu peserta dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang telah ditingkatkan.

5. Jaringan dan Kesempatan Networking

   Selama mengikuti program Kartu Prakerja, peserta akan berinteraksi dengan instruktur, fasilitator, dan peserta lainnya. Ini memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan profesional dan bertukar pengalaman dengan mereka yang memiliki minat dan tujuan serupa. Jaringan yang dibangun selama program ini dapat membantu peserta dalam menjalin hubungan bisnis atau mendapatkan peluang kerja di masa depan.


Itulah beberapa manfaat memiliki Kartu Prakerja. Program ini memberikan dukungan penuh kepada peserta dalam meningkatkan kompetensi kerja, memperoleh akses ke pelatihan gratis, mendapatkan bantuan keuangan, dukungan karir, dan jaringan profesional yang berharga. Dengan memanfaatkan semua manfaat ini, peserta memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan dalam karir mereka.

Post a Comment for "Program Kartu Prakerja: Panduan Mendaftar dan Syarat Pendaftaran Terbaru"